KERENDAHAN HATI

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk yang paling istimewa oleh Tuhan, tapi tidak ada manusia yang sempurna. Ketidaksempurnaannya itulah yang membuat manusia itu istimewa. Dibandingkan dengan makhluk lainnya, manusia diberi oleh Tuhan perangkat yang canggih tapi tidak sempurna, karena kesempurnaan itu hanyalah milik-Nya. Diantaranya adalah akal, kalbu dan nafsu. Tidak ada satu manusia pun yang mempunyai ketiga hal tersebut dalam porsi yang sama. Jika ada manusia yang mempunyai kadar akal dan kalbu yang tinggi, pasti kadar nafsunya rendah. Demikian pula jika ada manusia yang kadar akal dan nafsunya tinggi, pasti kadar kalbunya rendah. Yang paling celaka jika orang itu mempunyai kadar akal dan kalbu yang rendah, sementara kadar nafsunya tinggi.
Manusia yang merasa dirinya adalah yang terbaik diantara makhluk lainnya, dialah yang paling rendah kedudukannya, walaupun posisinya dalam masyarakatnya menduduki jenjang tertinggi. Kalaupun pada suatu saat dia dipercaya untuk menduduki suatu jabatan yang penting, sebaiknya dia ingat bahwa jabatan itu adalah suatu amanah yang diberikan Tuhannya melalui orang lain kepada dirinya. Bagaimana dia bisa memegang teguh amanah itulah yang dinilai sebenarnya.
Karena itu sebaiknya manusia tidak menyombongkan dirinya, baik kepada dirinya sendiri, makhluk lain di sekitarnya apalagi terhadap Tuhannya. Karena sebaik-baiknya manusia pasti ada kekurangannya. Hanya saja bagaimana caranya manusia memanfaatkan kekurangannya itu dan merubahnya menjadi satu kelebihan. Tuhan sudah menunjukkan cara-caranya melalui KitabNya. Tinggal bagaimana manusia menafsirkan apa yang tersirat dari surat-suratNya, sehingga kadar akal dan kalbunya menjadi tinggi, sementara kadar nafsunya menjadi rendah. Manusia seperti inilah yang bisa menjadi manusia utama.

Comments

Popular posts from this blog

BUDAYA KORUPSI

Hakikat Cinta

Berkata Baik...Atau Diam...