KEKUATAN CINTA

Sejak manusia mempunyai peradaban dan budaya, istilah cinta langsung menyeruak dalam tatanan kehidupan setiap orang. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, istilah ini mengalami penyempitan makna. Hakikat cinta sudah menyempit menjadi ketertarikan dua orang dengan jenis kelamin yang berbeda. Sejatinya, hakikat cinta adalah awal dan akhir dari kehidupan. Cinta seorang manusia yang sejati hanyalah cinta kepada Allah SWT. Walaupun sarana untuk itu adalah dengan mencintai makhlukNya yang lain, seperti sesama manusia, hewan, tumbuhan, alam dan sebagainya.

Dunia ini tercipta berkat cinta dari sang Khalik. Dunia inipun musnah berkat cintaNya. Hanya saja hampir semua orang selalu memandang setiap kemusnahan atau kehancuran sebagai azab yang diturunkan oleh Allah kepada makhlukNya. Bila ada seseorang yang meninggal dunia dalam usia muda, orang selalu menyangka itu adalah musibah yang tidak seharusnya terjadi. Padahal sebaliknya. Itu adalah tanda cinta Allah kepadanya. Karena cintaNya Allah kepada makhluknya, dan untuk mencegah orang tersebut berbuat durjana lebih jauh lagi, maka Allahpun memanggil orang tersebut kembali padaNya.

Cinta mempunya kekuatan dan kelemahan. Kekuatan cinta ada pada kerelaan semua yang tersirami olehnya untuk menanggalkan segala atribut keduniaan demi bisa berenang dalam samudra cinta. Sedangkan kelemahan cinta terkuak apabila tersirat rasa ingin memiliki. Demi cinta, orang bersedia mengorbankan nyawanya agar cinta tersebut tetap utuh. Tapi bila cinta sudah mulai menimbulkan rasa ingin memiliki, orang bersedia membunuh orang lain bila keinginannya tidak terpenuhi.

Cinta adalah keihklasan. Bila tidak dilandasi keikhlasan, cinta dapat menjadi penjara yang mengungkung kebebasan manusia. Mencintai tanpa berharap dicintai. Itulah cinta yang sejati. Tak ada rasa iri hati. Tak ada dusta. Tak ada derita. Tak ada kesedihan. Tak ada kehilangan. Semua larut. Terhanyut dalam samudera cinta.

Itulah cinta. Yang bisa membius manusia. Dan membuat manusia lupa akan derita cobaan di dunia.Juga bisa memberi kekuatan untuk berjuang dan bertahan dalam gelombang kehidupan. Itulah kekuatan cinta!

Comments

Popular posts from this blog

BUDAYA KORUPSI

Hakikat Cinta

Berkata Baik...Atau Diam...